Diskusi PER batch 3 dengan Bpk TEDYY SAPUTRA
Sabtu 30 juni 2013 (
on line via skype di mulai pukul 23.00 – selesai ,, )
Dihadiri oleh beliau Bpk Edmond Imam Mulyadi ,dengan tema
“Entreprenurship in Action “
Rangkuman cerita “ Pandangan praktisi marketing “ oleh bpk
Edmond
Semua pasti ada niat untuk menjadi seorang Entreprenur
,tetapi berdasarkan penggalaman pak Tedyy tidak semua yang hadir disini bisa
menjadi soerang Entreprenur karena semua tergantung dari bagaimana anda
sekalian menjalani tantangan .Ada 3 hal yang akan menjadikan anda seorang
Entreprenur yang berhasil :
1.
Passion
of entrepreneur
2.
Knowledge
3.
Tool
Dalam contoh : Pak tedyy join sama 3 orang temannya ,yang
satu jago bikin mie ayam, yg satu jg rajin dan satunya adalah pak Tedyy.Lokasi
di depan kampus di Bogor jumlah mahasiswa 20 rb orang .Klu di lihat dari tempat
sudah strategis ,bisa bikin mie ayam sendiri .Kenyataan pd bulan pertama
30/hari mangkok perhari ,bulankedua berikutnya 15 mangkok/hari, bulan ke tiga 5-10
mangkok /hari ,bulan ke empat 2 mangkok/hari .Menurut nya Passion sudah ada
,bisa bikin mie enak plus tempat strategis.Tetapi masih blum berhasil untuk di
terima oleh pelanggan .
Setelah di surve ada beberapa yang di temukan yang menjadi kesalahan
fatal ,yaitu membuat mie ayam denga ayam berwarna putih ,dan untuk target di
universitas pangkuan mayoritas muslim dan pedesaan .Mereka tahu klu mie ayam
itu warna coklat nah karena mereka warna
putih di kira daging babi ,jdi sudah menurunkan pelanggan yg minat mie ayam .
Jadi ada hal-hal yang harus di perhatikan ,Learning the
market . Kita bukan hanya harus tahu
pasarnya aja ,tetapi harus bisa EMPATI
sama pasar kita ., harus bisa bener memahami pasar kita .jdi kita tidak
cukup hanya surve tempat strategis universitas isi 20 rb org ,makanan yg di
jual enak semua itu blum cukup .Apa yang di katakana pak tedyy bahwa Passion
,tools,knowledge harus kita miliki sebagai Entreprenur,untuk bisa berhasil di
dalam persaingan bisnis yang sesungguhnya .Contoh tools yg di maksud anda
mengenal BMC ,Desing thingking dan knowledge adalah yg di berikan pak nur di
PER ini ,,
Dari tanggapan pak Edmond dalam dunia marketing ,bahwa semua
barang itu intinya bagus selama kita kreatif untuk menjual barang itu ,artinya
apapun barang atau jasa yang kamu jual atau pasarkan harus bisa memenuhi
kebutuhan custumer .KEBUTUHAN CUSTUMER,KEINGINAN CUSTUMER ,CALON PEMBELI
.Selama kamu semua bisa memenuhi kebutuhan custumer di situlah kekuatan kamu
.jadi klu hanya membicarakan utang piutang tujuanya Cuma satu yakni
meningkatkan penjualan .Kebutuhan pasar kalau kamu cerna secara kalimat artinya
yg di bicarakan oleh pak teddy tidak ada
artinya sama saja tidak kreatif .Yang di perlukan oleh pasar sekarang ini
adalah ide ide kreatif yang cemerlang sehingga pada akhirnya pasarlah yg
membutuhkan kamu .contohnya jual pupuk ,yg kamu jual pastinya sama dengan
pesaing kamu artinya harus memikirkan
membuat pupuk yg baik .atau jasa yg kamu tawarakan menjual pupuk .karena pupuk
dari tahun ke tahun sama ,untuk mencari perbedaan cara berjualan Kemasan ,mencari ilmu dan masukan kepada para
ahli pertanian , apa yg di butuhkan petani ,surve merupakan langkah awal
sebelumterjun .Dalam diskusi pak Edmond
kalau jualan pupuknya sampai ke petani dengan baik ,di antar sendiri ,di bantu
surve ke ladangnya ,kemudian di beri penyuluan ,kemudian sambil ngobrol ringan
,,
Buat petani mungkin sesuatu yang berharga sampai segitu kamu
jualan ke custumer ,tetapi dari sisi kamu adalah marketing yang sangat baik kan
,sambilpromosi , sambil melihat2 apakah ada petani dan lading lain di
sekitarkanan dan kiri, di depan atau belakang lading custumer kamu , artinya
kamu mengemas sesuatu dengan tujuan baik dengan promosi yg singkat dan tepat
.Secara singkat marketing dan sales itu adalah bagaimana menjalankan semua dgn
hati dan dengan tujuan baik , persaingan di lakukan karena bisnis ,tetapi tidak
dengan hanya mencotoh tetapi ATM ( amati ,tiru ,modifikasi )
Cara memenangkan persainagan ya kuncinya inovasi .Tools nya
adalah Radar inovasi . harus mempunyai keyakinan innovasi yang kamu buat ,walau
awalnya pahit tapi klu udah yakin dan sudah kamu perhitungkan dengan matang
..tunggu aja .
Sale atau diskon memang terkadang di kaitkan dengan
munculnya produk baru , tetapi klu di dalam dunia sales n marketing ini kurang tepat kata pak Edmond
karena kultur kebudayaan Indonesia adalah selalu membeli .Apabila ada yg murah
atau diskon kemudian langsung membeli ,tanpa mengetahui aplikasi atau kegunaan
dari barang tersebut ,akhirnya akan kecewa setelah tidak dipakai ,klu menurut pak Edmond akan
memilih strategi jemput bola yg artinya lebih kepada mendatangkan ke custumer
dan melihat dari pada kebutuhan pasar atau kebutuhan custumer . Sale atau
diskon lebih kepada untuk meningkatkan penjualan setelah kita mengetahui apa yg di butuhkan oleh custumer ,
Dan dalam rangka sale atau diskon untuk produk yg satu yg
sedang kita inginkan untk meningkatkan penjualanya , maka pasti ada produk2 yg
di belakangnya yg sedang kita incar untk kita perkenalkan kpda custumer .contoh
dalam toko baju “ new arrival “akan di sale
tentu tdk bukan ,dia berada di barisan ke dua atau ke tiga setelah
produk sale .
Produk baru akan di kemas atau di marketingkan dgn seribu
kelebihan dari produk lamanya .Artinya balik lagi bagaimana penyampaian pesan
dan tujuan kamu di custumerkan .sale tidak rugi perusahaan tetap untung ,
tetapi bagaimana membuat sesuatu yg bisa menjadi luar biasa .Kesimpulanya
adalah sale atau diskon adalah pancingan ,bukan poin nya sehingga kalau kamu
memulai sesuatu lihatlah hal yg paling di sampekan , bagaimana menyampaikanya
,dan selalu melihat ini ada apa karena saat ini adalah situasi , strategi
adalah cara ,hasil adalah masa depan . Jangan berhenti berivovasi dan selalu
positif
Menurut saya sependapat dengan mb pipet : apapun bidang nya marketing adalah ujung
tombak perusahaan , untuk berhasil kita harus selalu turun ke lapangan untuk
mengetahui competitor kita ,dan kita juga harus tahu kebutuhan custumer seperti
apa sesuai dengan perkembangan model2 baru yg bermunculan ,juga tetap menjaga
produk yg kitajual juga selalu menemukan ide2 baru untuk mengatasi pesaing kita
. yg setiap saat bermunculan , juga memperluas jaringan informasi antara rekan
bisnis kita ,
Kita juga mengandalkan kreatif dan innovasi untuk kita
tawarkan ke custumer supaya pelanggan tepat sasaran ,innovasi adalah sesuatu yg
kreatif yg di terima oleh pasar .
TERIMAKASIH BAPAK PEMBIBING
BPK TEDYY SAPUTRA
BPK EDMOND MULYADI
BPK NUR AGUSTINUS
Terimakasih atas segala ilmunya salam entrepreneur “ ayuk “
Tidak ada komentar:
Posting Komentar